9 Manfaat Ginjal Sehat Bagi Tubuh. Penting!

,

Ginjal, organ tubuh yang kecil dengan berjuta manfaat. Ginjal merupakan dua buah organ ekskresi (pembuangan) pada tubuh yang berbentuk seperti kacang merah. Posisi ginjal berada di kedua sisi tubuh bagian punggung bawah, tepatnya di bawah tulang rusuk. Dalam dunia kedokteran cabang yang mempelajari ginjal dan penyakitnya disebut dengan nefrologi.

Semua darah dalam tubuh akan melewati ginjal beberapa kali sehari. Sebagai organ ekskresi, fungsi utama ginjal adalah menyaring kotoran (terutama urea) dari darah dan membuangnya bersama dengan air dalam bentuk urine. Cairan urine kemudian dialirkan melalui ureter untuk dibawa ke kandung kemih dan dibuang sebagai air seni. Fungsi ini merupakan manfaat ginjal sebagai bagian dari sistem urine.

Selain berfungsi untuk menyaring kotoran, ginjal juga memproduksi hormon penting dalam darah. Hormon ini akan membuat tulang memproduksi sel darah merah yang akan sangat baik dalam mengendalikan tekanan darah. Selain itu, ginjal juga memproduksi vitamin D yang dapat membantu tulang untuk terjaga kesehatannya.

Sebagai organ ekskresi, ginjal tentunya juga memiliki manfaat lain yang sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh, yaitu:

  • Ginjal membantu untuk menyaring dan membuang limbah dalam tubuh. Kandungan yang tidak bermanfaat bagi tubuh, seperti racun, garam berlebih, dan urea dibawa melalui darah ke ginjal untuk kemudian dibuang. Tanpa ginjal, limbah dan racun akan menumpuk dalam darah, sehingga dapat membahayakan tubuh.
  • Ginjal akan secara konsisten memantau dan mengendalikan keseimbangan air dalam tubuh. Selain itu, ginjal juga memastikan bahwa jaringan tubuh menerima air yang cukup agar dapat bekerja dengan baik. Setiap perubahan level air yang terjadi dalam tubuh sepanjang hari selalu memberikan reaksi bagi ginjal, karena ginjal merupakan kunci dalam pemecahan kimia urine. Fungsi ginjal ini akan menyesuaikan diri dengan berinisiatif menyimpan air yang tersisa dalam tubuh daripada membuangnya, ketika asupan air dalam tubuh berkurang.
  • Ginjal bertanggung jawab untuk mengatur tekanan darah dan tingkat garam dalam darah dengan memproduksi enzim renin. Tekanan yang stabil atau konstan diperlukan ginjal untuk dapat menyaring darah.
  • Ginjal juga berfungsi untuk mengatur asupan sel darah merah bagi tubuh. Ginjal akan mengeluarkan hormon erythropoietin, yaitu hormon yang merangsang sumsum tulang untuk memproduksi lebih banyak sel darah merah pembawa oksigen, apabila ginjal tidak mendapatkan cukup oksigen.
  • Ginjal membantu mengatur keseimbangan asam-basa (pH) darah dan cairan tubuh. Asam dalam tubuh dapat meningkat bahkan dinetralisir karena makanan yang dikonsumsi oleh ginjal. Agar tubuh dapat berfungsi secara normal, fungsi ginjal yang satu ini sangat diperlukan.
  • Ginjal akan menjaga konsentrasi mineral, seperti natrium, kalium, dan fosfor yang ada dalam darah.
  • Ginjal menghasilkan bentuk aktif dari vitamin D. Adanya vitamin D sangat dibutuhkan untuk kesehatan tulang dan untuk keseimbangan zat kimia dalam tubuh.

Keberadaan ginjal tentunya sangat penting bagi tubuh. Jika ginjal sehat, maka tubuh akan selalu terjaga pula kesehatannya. Manusia memang dapat hidup dengan satu ginjal saja, tetapi tentu adanya dua ginjal yang sempurna dan sehat pasti akan lebih baik. Yuk, peduli dengan ginjal kita. Ginjal sehat, tubuh sehat.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *