Kenali 5 Jenis Penyakit Ginjal Ini Untuk Proteksi Diri Lebih Baik

,

Manusia memang dapat hidup dengan satu ginjal saja, tetapi tentu adanya dua ginjal yang sempurna dan sehat pasti akan lebih baik. Keberadaan ginjal sangat penting bagi tubuh. Jika ginjal sehat, maka tubuh akan selalu terjaga pula kesehatannya. Sebagai organ dengan fungsi utama untuk ekskresi, ginjal harus menjalani fungsinya dengan baik dan sesuai agar kondisi organ dan tubuh tetap sehat.

Jika ada kondisi yang menyebabkan ginjal menjadi tidak sehat, pastinya akan memicu berbagai penyakit bagi ginjal. Akibatnya, organ dan tubuh pun menjadi sakit. Yuk, kenali jenis penyakit ginjal, agar dapat semakin sadar tentang pentingnya ginjal yang sehat bagi tubuh.

  • Infeksi ginjal. Infeksi ginjal akan terjadi apabila bakteri dari kandung kemih menyebar naik menuju ke salah satu ataupun kedua ginjal. Komplikasi infeksi saluran kemih adalah penyebab dari kondisi ini.
  • Batu ginjal. Garam dan mineral yang seharusnya disaring oleh ginjal, justru mengeras dan tertimbun dalam ginjal. Timbunan ini dapat menyebabkan terbentuknya batu ginjal. Keadaan ini dapat terjadi karena urine yang terlalu pekat, sehingga mengakibatkan garam dan mineral menjadi mengkristal.
  • Penyakit ginjal polikistik. Inilah penyakit keturunan berupa munculnya kista (kantong berisi cairan) yang berkelompok di dalam ginjal. Meski dapat mengakibatkan penurunan fungsi ginjal, penyakit ginjal polikistik tidak ganas. Penyakit ini tidak hanya dapat dialami oleh ginjal saja, tetapi juga bisa terjadi di organ hati atau bagian lain dalam tubuh.
  • Gagal ginjal akut. Penyakit gagal ginjal akut merupakan kondisi saat ginjal tidak dapat berfungsi normal secara tiba-tiba. Kondisi ini dapat menyebabkan menumpuknya garam dan zat kimia lainnya di dalam tubuh hingga memengaruhi fungsi organ tubuh lainnya, jika tidak segera ditangani.
  • Penyakit ginjal kronis. Penyakit ginjal kronis atau gagal ginjal kronis merupakan penurunan fungsi ginjal yang menetap selama tiga bulan. Kondisi ini ditandai oleh beberapa gejala, yaitu sesak napas, mual, dan kelelahan. Pasien dalam stadium 1-3 memiliki kemungkinan tidak dapat merasakan penyakit ini. Oleh karena itu, banyak yang tidak menyadari keadaan ini hingga mencapai stadium lanjutan.

Ginjal, organ tubuh yang kecil dengan berjuta manfaat. Dengan mengenali jenis penyakit ginjal ini, semoga kita mulai menyadari pentingnya ginjal yang sehat. Yuk, peduli dengan ginjal kita. Ginjal sehat, tubuh sehat.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *