Laki-Laki atau Perempuan, Siapa Lebih Rentan Terkena Penyakit Ginjal?

,

Aktifitas yang padat dialami oleh generasi muda aktif masa kini. Di saat mengejar karir ataupun cita-cita, terkadang kesehatan pun menjadi terabaikan. Banyak penyakit yang dialami yang diakibatkan oleh gaya hidup yang kurang sehat, salah satunya adalah penyakit ginjal. Namun, antara laki-laki dan perempuan, siapa yang lebih rentan?

Ternyata, kaum adam lebih rentan terkena batu ginjal. Pola makan laki-laki yang umumnya didominasi oleh protein merupakan penyebab utama. Zat limbah dalam darah berupa kalsium dan asam urat ini ada dalam protein. Pada akhirnya, protein ini akan menjadi endapan kristal dan menumpuk, sehingga dapat membentuk batu ginjal.

Bagaimana dengan perempuan? Ternyata, kaum hawa lebih rentan untuk tekena infeksi saluran kemih (ISK). Saluran uretra lebih pendek yang dimiliki oleh perempuan adalah salah satu penyebabnya. Gejala ISK dapat dirasakan jika mengalami mual, demam, anyang-anyangan, sering buang air kecil, nyeri saat buang air kecil, juga nyeri pada bagian selangkangan.

Bukan untuk menakut-nakuti tentang berbagai risiko yang rentan dialami laki-laki dan perempuan jika mengalami penyakit ginjal, namun inilah saatnya untuk mulai memperhatikan kesehatan tubuh. Selain itu, 4 dari 10 penderita batu ginjal memiliki keluarga dengan penyakit yang sama, karena penyakit ginjal memang ada kemungkinan sebagai penyakit keturunan. Jika berbagai gejala penyakit ginjal yang ada sudah mulai dirasakan, sebaiknya segera konsultasi ke Dokter. Namun, ingat selalu bahwa mencegah penyakit ginjal dengan menjaga kesehatan tubuh itu jauh lebih baik daripada mengobati.

Untuk jaga kesehatan tubuh, aktifitas olahraga merupakan pilihan tepat. Olahraga dapat membantu mengeluarkan urine agar lebih lancar dan tak terhambat. Dengan lancarnya proses pembuangan ini, fungsi ginjal akan berjalan semakin optimal. Yuk, peduli dengan ginjal kita. Ginjal sehat, tubuh sehat.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *